Sat-Set Mengerjakan Tugas Akhir dengan Bantuan AI di Kelas Literasi UPT Perpustakaan LPIP UNUJA
Probolinggo, 22 Agustus 2024 – UPT Perpustakaan LPIP UNUJA kembali menggelar kegiatan Kelas Literasi dengan tema "Sat-Set Mengerjakan Tugas Akhir dengan Bantuan AI". Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada mahasiswa/i dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai alat bantu yang efektif dalam proses penyusunan tugas akhir.
Kelas Literasi ini diikuti oleh puluhan mahasiswa/i dari berbagai fakultas di lingkungan UNUJA yang sedang mempersiapkan tugas akhir mereka. Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk mendukung berbagai tahapan dalam penyusunan tugas akhir, mulai dari pencarian referensi, analisis data, hingga penyusunan teks. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang etika penggunaan AI agar dapat memanfaatkannya dengan bijak dan bertanggung jawab.
Dengan adanya Kelas Literasi ini, diharapkan mahasiswa/i dapat lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membekali para mahasiswa/i dengan keterampilan digital yang semakin relevan di era teknologi saat ini. Melalui pemanfaatan AI, mahasiswa/i diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka, sehingga tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
Kepala UPT Perpustakaan LPIP UNUJA, Amalia Herlina, S.IIP., M.MT., menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan mahasiswa/i. "Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa/i dapat memaksimalkan potensi teknologi dalam proses akademik mereka dan menjadi lebih siap menghadapi tantangan di dunia profesional," ujar Ibu Amalia Herlina, S.IIP., M.MT.
Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, di mana para peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman terkait penggunaan AI dalam tugas akhir mereka. Antusiasme peserta menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dalam dunia akademik semakin diterima dan diharapkan dapat menjadi bagian integral dari proses pembelajaran di masa depan.