Berita

Koleksi

Pendampingan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Al Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah

  • Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:25:32
  • Diakses 55 X
pendampingan-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-al-qur-an-di-madrasah-ibtidaiyah

Pada, 20 Juli 2024 - UPT Perpustakaan bekerja sama dengan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo, menyelenggarakan kegiatan "Kelas Literasi: Pendampingan BElajar Siswa Dalam Pembelajaran Al quran untuk menumbuhkan Karakter Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah" Narasumber dalam kegiatan adalah Ibu Feriska Listrianti, M.Pd (Dosen program studi PGMI).

"Acara Kelas Literasi merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan oleh UPT Perpustakaan UNUJA, Topiknya bermacam macam, salah satunya adalah topik pada kegiatan ini" terang Ibu Amalia Herlina, S.IIP M.MT, selaku Kepala UPT Perpustakaan.

Pelaksanaan kegiatan ini memiliki beberapa tujuan utama, antara lain untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pembelajaran Al Quran kepada siswa, menumbuhkan dan memperkuat karakter disiplin dalam diri siswa melalui pembelajaran yang terstruktur, meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar Al Quran dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif.

Dalam Kegiatan tersebut, Ibu Feriska Listrianti , M.Pd selaku narasumber memaparkan bahwa pelajaran Al Quran memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan karakter siswa, terutama dalam menumbuhkannilai nilai disiplin. Diera modern ini, banyak tantangan yang dihadapi oleh siswa yang belajar dan mengimplementasikan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan yang berbasis pada pendampingan belajar untuk membantu siswa tidak hanya memahami isi AAl Quran, tetapi juga menerapkan nilai  nilai yang terkandung didalamnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan dukungan kepada siswa di Madrasah Ibtidaiyah agar mereka dapat mengenbangkan karakter disiplin melalui pembelajaran Al Quran yang efektif.

Kegiatan yang dilaksanakn diera Teater Mini UPT perpustakaan UNUJA ini, berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dan dihadiri oleh 30 undangan yang terdiri dari mahasiswa prodi PGMI serta guru dari Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, akan berdampak positif dalam proses pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, dimana siswa tidak hanya menjadi penghafal Al Quran, tetapi juga penerapan nilai nilai yang terkandung untuk kehidupan sehari hari.

Semoga Kegiatan ini dapat memberika konstribusi nyata dalam pengembangan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah (ARF/AMA.)